HOODIE FOSFOR, INOVASI BARU UNTUK KOLEKSI DI LEMARI KAMU

HOODIE FOSFOR, INOVASI BARU UNTUK KOLEKSI DI LEMARI KAMU

Perkembangan mode berpakaian memang tidak pernah ada habisnya. Meski pasang surut akan selalu ada tapi kenyataannya dunia fashion selalu punya berita baru untuk diangkat dan dijadikan tren untuk kurun waktu tertentu. Umur sebuah tren fashion sendiri akan tergantung pada seberapa besar manfaat atau fungsi dari pakaian itu sendiri terhadap pemakainya. Banyak sekali model pakaian yang muncul dari tahun ke tahun tapi pada akhirnya hanya sedikit yang bertahan.

Tren Hoodie yang Tak Pernah Mati

tren hoodie

Salah satu tren busana yang tidak pernah ada matinya adalah hoodie. Untuk kamu yang tidak tahu apa itu hoodie, istilah ini biasanya dipakai khusus untuk menyebut sweatshirt/sweater atau pakaian hangat yang memiliki penutup kepala. Meski begitu, sebetulnya hoodie sendiri pada awalnya tidak hanya digunakan untuk sebutan pakaian hangat. Dan jika kamu berpikir bahwa tren hoodie baru muncul di abad ke-22, asumsi kamu kurang tepat.

Hoodie pertama kali dikenalkan jauh sebelum itali menjadi negara kiblat fashion dunia. Pakaian jenis ini mulanya dipakai oleh para biarawan Katholik sebagai pakaian resminya dengan ciri jubah lengan panjang berwarna coklat dengan ikat melingkar di pinggang lengkap dengan penutup kepala.

Beberapa abad kemudian tren busana semacam ini berkembang meski dengan model dan bahan yang berbeda-beda, hanya saja masih dengan ciri khas yang sama yaitu penutup kepala. Pakaian semacam ini juga populer di wilayah timur tengah karena dapat mencegah panas matahari gurun menyentuh kepala dan wajah.

hoodie tanpa lengan

Tidak hanya daerah gurun, hoodie mulai di perkenalkan juga di area pegunungan seperti Nepal dan Rusia. Bedanya adalah di wilayah ini hoodie dibuat dari bahan yang tebal biasanya dari bulu binatang buruan seperti serigala atau beruang karena berfungsi untuk menahan cuaca dingin yang ekstrim. Dari sini lah mulai muncul istilah Parka.

Hoodie di Fashion Modern

Tren hoodie mulai terangkat kembali di wilayah Amerika Serikat ketika sebuah perusahaan makanan beku menggunakannya sebagai seragam pegawai di pabriknya. Hoodie dipilih karena pegawainya akan sering terpapar suhu dingin ketika bekerja.

Tidak berhenti di situ, di tahun 1970 seorang desainer pakaian olahraga bernama Claire McCardell menggunakan model busana hoodie untuk seluruh koleksi pakaian olahraganya karena berpikir bahwa model ini sangat cocok dikenakan untuk aktifitas luar ruangan.

hoodie anak yang unik

Berkat jasa McCardell inilah terlahir istilah sweater atau sweatshirt yang artinya pakaian yang biasa dipakai untuk berkeringat. Pemakaiannya mulai meluas karena bukan hanya oleh orang biasa, hoodie juga banyak dipakai oleh para atlit yang muncul di media-media massa seperti koran dan televisi. Jadi faktanya yang muncul duluan adalah istilah hoodie baru disusul dengan nama barunya yaitu sweater ketika fungsinya digunakan untuk olahraga.

Popularitas hoodie semakin tidak terbendung ketika di tahun 90-an para rapper dan musisi hip-hop mulai menggunakannya sebagai bagian dari identitas music mereka. Ciri khas mereka yang sebagai gangster didukung oleh karakter hoodie yang misterius dan anonimitas yang muncul karena menutupi sebagian dari wajah.

Inovasi Baru dari Hoodie

Kini hoodie sudah bukan pakaian yang asing lagi bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Mulai dari yang ukurannya mini diperuntukan untuk anak kecil sampai yang paling populer dijadikan pakaian identitas para mahasiswa perguruan tinggi. Biasanya pihak kampus membuat hoodie lengkap dengan nama perguruan tinggi di bagian dadanya.

hoodie fosfor - tren baru

Selain itu kini hoodie juga telah semakin canggih dengan tambahan desain sablon yang bisa menyala didalam gelap atau yang dikenal dengan istilah glow in the dark. Hal ini dimungkinkan oleh bahan fosfor yang diaplikasikan pada gambar yang terdapat dibubuhkan di atas hoodie. Untuk bisa membuat hoodie fosfor, beberapa langkah ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

  • Sablon hoodie kamu seperti biasa sebagai underbase, kamu bisa gunakan tinta berbahan dasar karet/rubber terlebih dahulu. Lakukan paling sedikit 2 sapuan untuk memastikan sablon telah tergambar dengan sempurna dan tidak ada lubang (sebaiknya menggunakan tinta sablon dengan warna terang yang hampir sama dengan warna serbuk fosfor).

 

  • Agar sablon kamu menyala dalam gelap, pertama buat campuran tinta sablon transparan dan serbuk fosfor. Serbuk fosfor ini memiliki sifat menyerap cahaya, sehingga nanti desain pada hoodie kamu akan bisa menyala dalam gelap setelah beberapa saat terpapar cahaya.

 

  • Tepat di atas sablon underbase, bubuhkan sablon tinta transparan yang telah dicampur bubuk fosfor tadi secara merata. Lakukan sebanyak minimal 2 kali sapuan agar tinta tergambar dengan sempurna.

 

  • Biarkan untuk beberapa saat hingga tinta benar-benar mengering. Kamu bisa menggunakan pemanas seperti hair dryer atau heat gun dengan suhu yang hangat dan jangan tidak terlalu panas agar tidak merusak tinta. Hindarkan juga dari sengatan matahari langsung jika tinta belum benar-benar mengering.

 

Setelah itu kamu bisa langsung coba hasilnya. Biarkan hoodie kamu terpapar cahaya untuk beberapa saat lalu kemudian masuk ke ruangan gelap dan, voila, kamu sekarang punya hoodie fosfor yang menyala di dalam gelap!