Potensi Besar Dalam Bisnis Jersey Sepak Bola

Potensi Besar Dalam Bisnis Jersey Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga dengan penggemar terbesar di seluruh dunia. Menurut penelitian, hanya Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki ketertarikan rendah terhadap sepak bola. Sementara itu, di seluruh negara di dunia sepak bola telah menjadi olahraga sehari-hari bahkan di sebagian negara seperti Itali dan Inggris, sepak bola telah dipandang seperti agama.

Popularitas Sepak Bola di Dunia

Popularitas sepak bola didukung oleh berbagai media besar. Tidak hanya tayangan di televisi dan internet. Beberapa situs seperti mahabet juga memberikan pelayanan judi bola yang pada akhirnya membuat para penggemar bola semakin meluas di seluruh dunia. Kini banyak hal dari dunia sepak bola telah dieksploitasi, bahkan pemain bola dunia telah diagung-agungkan dan diperlakukan bak selebritis.

fans dengan jersey tim kesayangan

Dengan popularitasnya yang semakin mendunia, kini sepak bola tidak hanya dipandang sebagai olahraga saja – tapi juga sebagai industri mesin pencetak uang terbesar yang ada di dunia. Di Malaysia, para penggemar sepakbola akan melakukan (hampir) apa saja untuk dapat menunjukan loyalitas mereka terhadap tim kesayangan. Yang paling mudah adalah dengan membeli dan memakai jersey dari klub yang mereka sukai.

Potensi Bisnis Jersey Sepak Bola

Untuk beberapa fans, jersey juga menjadi barang koleksi. Seperti yang dilakukan oleh Keith Chua, dan Aarong Wong, penggila sepak bola ini hingga sekarang telah mengkoleksi lebih dari 1000 jersey dari berbagai kesebelasan yang ada di dunia.

Chua dan Wong, bersama dengan seorang mitra lain Steven Cheok, juga melihat ada potensi bisnis di jersey sepak bola, hingga akhirnya mereka bertiga bekerja sama dengan Mykitzone, sebuah toko yang menspesialisasikan diri di jersey sepak bola.

peluang usaha bisnis jersey bola

“Kami telah menjadi penggemar berat sepak bola sejak kami masih di bangku sekolah dan mulai serius mengumpulkan berbagai jenis jersey di akhir tahun 90-an. Sangat sulit untuk mendapatkan jersey yang langka, untungnya kita bisa mencarinya di internet. Kita semua juga saling kenal dari forum online dan di sana lah kami mulai berteman,” kata Chua, seorang fanatik Manchester United, ketika diwawancara oleh pihak Star Online.

Tahu betapa sulit dan melelahkannya mencari jersey yang langka, trio ini memutuskan untuk membuka usaha jersey dengan menjual jersey-jersey yang sulit atau jarang ditemukan di pasar. “Kami menyediakan banyak jenis merek, jersey tim, dan jersey negara juga. Kelebihan dari sebuah toko online adalah pelanggan bisa melihat, menyentuh, dan merasakan produk yang dijual untuk kemudian mereka bisa langsung bawa pulang.”

“Kami pernah berada di situasi yang menyebalkan ketika harus membeli jersey secara online. Kami harus menunggu lama barang itu datang, ketika barangnya datang, ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jika ingin meminta barangnya diganti, kita harus mengirim barangnya kembali, menunggu lagi dan belum tentu barang penggantinya telah sesuai dengan yang diminta.” jelas Wong, seorang fans Chelsea.

bisnis jersey bola potensial

Mereka memulai bisnisnya dengan investasi sejumlah kurang lebih 1 Milyar pada Juni tahun lalu. Dengan pemasaran melalui media sosial, toko milik mereka kini memiliki hampir 2000 penggemar di halaman Facebook mereka yang seringkali memesan jersey yang sedang mereka cari.

Chua mengatakan bahwa jersey yang paling banyak dipesan saat ini adalah tim-tim besar Inggris seperti Manchester United, Arsenal, atau Liverpool. Jersey kiper adalah yang paling sulit didapatkan, karena jarang (termasuk brand yang membuatnya) dijual secara umum. “Di sana lah kami berbisnis dan mendapat keuntungan,” lanjut Chua.